UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
1.
Nama Calon Guru :
2.
NPM :
3.
Sekolah Lanjutan :
SMP Negeri 29 Medan
4.
Hari / Tanggal :
5.
Jenis Kegiatan :
Pelatihan
6.
Pelatihan ke :
PETUNJUK
Baca dengan cermat pembelajaran dan amati Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) yang sedang berlangsung.
Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana dan proses
KBM tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1.
PENENTUAN BAHAN PEMBELAJARAN DAN MERUMUSKAN TUJUAN
Kurang Baik
Sekali
|
dengan kurikulum
Perumusan tujuan pembelajaran
khusus
|
Rata-rata
butir 1 : A =
2.
PEMILIHAN DAN PENGORGANISASIAN MATERI, MEDIA DAN SUMBER
|
Penentuan
alat bantu mengajar
Perumusan
tujuan pembelajaran khusus
|
Rata-rata
butir 2 : B =
3.
RANCANGAN SKENARIO/STRATEGI PEMBELAJARAN
|
Susunan
langkah-langkah mengajar
Pilihan
cara-cara memotivasi siswa
|
Rata-rata
butir 3 : C =
4.
RANCANGAN PENGELOLA KELAS
Penetapan
alokasi waktu belajar-mengajar
1 2 3 4
Pilihan
cara-cara pengorganisasian siswa
agar dapat
berpartisipasi akhit dalam kegiatan
belajar
mengajar 1 2 3 4
|
Rata-rata
butir 4 : D =
5.
|
Penentuan
jenis dan prosedur penilaian
Pembuatan
alat-alat penilaian
|
Rata-rata
butir 5 : E =
6.
|
Kebersihan
dan kerapian
Penggunaan
bahasa tulis
|
Rata-rata
butir 6 : F =
7.
MENGELOLA TUGAS RUTIN, FASILITAS BELAJAR, DAN WAKTU
|
kelemahan
diri
Mengelola
tugas rutin kelas
Menyediakan
alat bantu pembelajaran dan
sumber
belajar
Menggunakan
waktu pembelajaran secara
efisien
|
Rata-rata
butir 7 : G =
8.
MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Menggunakan
kegiatan pembelajaran yang
|
dan
lingkungan
Menggunakan
alat bantu pembelajaran yang
sesuai dengan
tujuan, siswa, situasi, dan
lingkungan
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran
dalam urutan
yang logis
|
Rata-rata
butir 8 : H =
9.
BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA
|
berkaitan
dengan isi pelajaran
Mengklarifikasi
petunjuk dan penjelasan
apabila siswa
salah mengerti
|
dalam
pembelajaran
Menggunakan
ekspresi lisan atau tertulis
yang dapat
ditangkap oleh siswa
|
Rata-rata
butir 9 : I =
10.
MENDEMONTRASIKAN KHASANAH METODE MENGAJAR
Mengimplementasikan
kegiatan belajar
|
Mendemontrasikan
kemampuan pembelajaran
dengan
menggunakan berbagai metode yang
tepat
Mendemontrasikan
kemampuan pembelajaran
secara
individu didalam kelompok kecil atau
kelompok
besar dalam kelas
|
Rata-rata
butir 10 : J =
11.
|
Membantu
siswa mengenal masksud dan
pentingnya
topik
Mendemontrasikan
penguasaan terhadap
bahan
pelajaran
|
Rata-rata
butir 11 : K =
12.
MENDORONG DAN MENGGALAKKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM
PROSES PEMBELAJARAN
Menggunakan
prosedur yang melibatkan
|
Memberi kesempatan
kepada siswa untuk
berpartisipasi
dalam pembelajaran
Memelihara
keterlibatan siswa dalam
pembelajaran
Upaya guru
untuk meningkatkan keterlibatan siswa
dalam proses
belajar mengajar
|
Rata-rata
butir 12 : L =
13.
MENDEMONTRASIKAN KHASANAH METODE MENGAJAR
|
pembelajaran
Melaksanakan
penilaian pada akhir
pembelajaran
|
|
Rata-rata
butir 13 : M =
14.
PENUTUP PELAJARAN
|
pelajaran
Melaksanakan
tindak lanjut
|
Rata-rata
butir 14 : N =
15.
|
Keefektifan
pembelajaran
Penggunaan
bahasa Indonesia
lisan
Kepekaan
terhadap kesalahan berbahasa
siswa
Penampilan
guru dalam pembelajaran
|
Rata-rata
butir 15 : O =

Medan,
September 2012
Pembimbing / Penguji
Dosen
Pembimbing Guru
Pamong
( Drs. Zaharuddin Nur, MM ) ( Drs. Bowonaso Lahagu, MM )
NIP.
196409031994121001
0 komentar:
Posting Komentar