RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP
Negeri 29 Medan
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/I
Jenis
Teks : Short
Message
Skill :
Menulis
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
Indikator
Ø Mengidentifikasi
tujuan dan informasi dari pesan singkat
Ø Membuat
pesan singkat dengan kalimat sederhana
Ø Menjawab
pertanyaan dari teks mengenai pesan singkat
Ø Mengidentifikasi
kosakata yang terkait dengan teks fungsional pesan singkat
Ø Mencocokkan
singkatan yang sesuai dengan kepanjangannya
Tujuan
Pembelajaran
Di akhir pembelajaran siswa diharapkan
agar :
Ø Mampu
mengidentifikasi tujuan dan informasi dari pesan singkat
Ø Mampu
membuat pesan singkat dengan kalimat sederhana
Ø Mampu
menjawab pertanyaan dari teks mengenai pesan singkat
Ø Mampu
mengidentifikasi kosakata yang terkait dengan teks fungsional pesan singkat
Ø Mampu
mencocokkan singkatan yang sesuai dengan kepanjangannya
Materi
Pembelajaran



![]() |
Body/
Content
![]() |
Sender
Short Message Service (SMS) is a text
messaging service component of phone, web, or mobile communication systems.
SMS ENGLISH
PLZ :
please 2DAY : today
THX :
thanks BRO : brother
U :
you BT : but
B4 :
before DNR : dinner
2 MORROW :
tomorrow R : are
JK :
just kidding SIS : sister
BTW :
by the way CUL : see you later
ASAP :
as soon as possible FTF : face to face
BC :
because HAND : have a nice day
BK :
back HRU : how are you
Model
dan Metode Pembelajaran
Model :
Cooperative Learning
Metode :
Make a Match
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah-langkah
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Ø Salam
Ø Presensi
Ø Apersepsi
Ø Informasi
tujuan pembelajaran dan bahan yang akan disajikan
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
Ø Guru
melakukan brainstorming dengan menayakan beberapa pertanyaan
Elaborasi
Ø Guru
menjelaskan pesan singkat
Ø Guru
memberi contoh pesan singkat
Ø Guru
meminta siswa menentukan bagian dari pesan singkat yang diberikan
Ø Guru
meminta siswa menemukan informasi dari pesan singkat yang diberikan
Ø Guru
meminta siswa menjawab berbagai pertanyaan yang terkait dengan pesan singkat
Ø Guru
memberikan singkatan dalam bahasa inggris
Ø Guru
meminta siswa mencocokkan singkatan yang sesuai dengan kepanjangannya
Eksplorasi
Ø Guru
meminta siswa untuk membuat pesan singkat
|
60’
|
Kegiatan
Akhir
|
Ø Guru
dan peserta didik membuat simpulan pembelajaran
Ø Guru
menanyakan kesulitan dalam memahami teks monolog yang telah mereka pelajari
Ø Guru memberikan
tugas rumah untuk membuat pesan singkat
Ø Guru
menginformasikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10’
|
Sumber
/ Media / Alat Belajar
Sumber
Ø Internet
Ø http://www.englishtown.com/community/channels/article.aspx?articlename=121-SMS#sthash.6TI5dkx7.dpuf
Media :
Ø Karton
Ø Teks
pesan singkat
Penilaian
1. Teknik : tes lisan dan
tertulis
2. Bentuk
instrument
a. Performance : oral test
b. Pertanyaan : answer the questions
and make a match
Instrument
Penilaian
Task
1 Answer the questions
1. What
is the sender of the message?
2. What
is the receiver of the message?
3. What
is the purpose of the sender send the message to the receiver?
4. Where
is the birthday party located?
5. I’ll
be glad if you come. What does the word “I” refers to?
Task
2 Match the following words with the suitable acronyms!
SMS English
PLZ :
please 2DAY : today
THX :
thanks BRO : brother
U :
you BT : but
B4 :
before DNR : dinner
2 MORROW :
tomorrow R : are
JK :
just kidding SIS : sister
BTW :
by the way CUL : see you later
ASAP :
as soon as possible FTF : face to face
BC :
because HAND : have a nice day
BK :
back HRU : how are you
Task
3 Write down the short message!
Rubrik
Penilaian
I.
Setiap Jawaban benar,
skor 2
II.
Setiap jawaban benar,
skor 5
Nilai
siswa = jumlah skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal
III.
Unjuk kerja
Guru melakukan
penilaian unjuk kerja selama siswa melakukan role play dalam proses
pembelajaran berlangsung.
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
TATA
BAHASA
|
-
Tidak ada kesalahan
-
Beberapa kesalahan
-
Sering membuat kesalahan
-
Banyak kesalahan
|
4
3
2
1
|
KOSA
KATA
|
-
Menggunakan kosa kata yang tepat
-
Menggunakan kosakata yang tidak tepat
-
Sering menggunakan kosakata yang tidak
tepat
-
Kosa kata terbatas
|
4
3
2
1
|
KETEPATAN
ISI
|
-
Sangat sesuai
-
Sesuai
-
Kurang sesuai
-
Sangat tidak sesuai
|
4
3
2
1
|
Skor maksimal :
12
No
|
Nama
Siswa
|
Tata
Bahasa
|
Kosakata
|
Ketepetan
Isi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
1.
2.
3.
|
Lahaguyanu…… Is the Best…………
0 komentar:
Posting Komentar