Headlines News :

DILIGENCE IS THE WAY TO PROSPER

kerajinan adalah satu Jalan Keberuntungan..!!!
Home » » Simulasi Pendistribusian Barang Pada PT. Panca Pilar Tangguh Menggunakan Metode Monte Carlo.... Skripsi

Simulasi Pendistribusian Barang Pada PT. Panca Pilar Tangguh Menggunakan Metode Monte Carlo.... Skripsi

Written By Yhannu Hanya Berbagi......... on Senin, 02 Januari 2017 | 18.07

BAB I
PENDAHULUAN



1.1       Latar Belakang Masalah

Simulasi merupakan salah satu bentuk pemodelan terhadap sistem nyata untuk memudahkan mempelajari sistem yang kompleks. Fasilitas atau proses tersebut disebut dengan sistem, yang mana di dalam keilmuan digunakan untuk membuat asumsi-asumsi bagaimana sistem tersebut bekerja. Untuk melihat bagaimana sistem tersebut bekerja maka dibuat asumsi-asumsi, dimana asumsi-asumsi tersebut biasanya berbentuk hubungan matematik atau logika yang akan membentuk model yang digunakan untuk mendapatkan pemahaman bagaimana perilaku hubungan dari sistem tersebut. Untuk mendapatkan informasi yang jelas dari setiap permasalahan tertentu, sistem ini disebut dengan solusi analitik. Yang mana untuk memperkenalkan model-model realistik dimana terlalu kompleksnya sistem-sistem di dunia nyata untuk dievaluasi secara analitik maka model-model tersebut harus dipelajari secara simulasi (Alpianus Sembiring, 2015).
            Distribusi adalah suatu sistem yang menunjukkan segala sesuatu atau sumberdaya-sumberdaya organisasi yang disimpan dalam antisipasinya. Distribusi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rantai pasokan suatu barang. Distribusi sangat menentukan bagi tersampaikannya suatu barang ke tangan konsumen.
            PT. Panca Pilar Tangguh adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi barang. Saat ini pendistribusian barang pada PT. Panca Pilar Tangguh sudah memiliki pengaturan yang cukup sistematis. Dimana barang yang didistribusikan mencakup 1 (satu) area per hari. Hanya saja pada kenyataannya seringkali pendistribusian barang tidak dilakukan dengan optimal, dimana barang yang didistribusikan kepada konsumen tidak dilakukan secara berkala. Sehingga memungkinkan terjadinya penumpukan barang dan pemborosan waktu distribusi barang. Akibatnya, perusahaan perlu melakukan suatu identifikasi masalah dalam memperkirakan jumlah barang yang akan didistribusikan pendistribusian barang sehingga dapat meminimalkan segala aspek pada kegiatan distribusi seperti waktu, jarak serta biaya.
            Perkembangan dunia usaha dan tingginya permintaan pasar terhadap suatu barang membuat efisiensi waktu dan biaya menjadi penting. Perusahaan hendaknya meningkatkan efisiensi dari setiap wilayah distribusi pemasarannya agar dapat mencapai target pasar yang diharapkan. Diperlukan adanya sebuah sistem pengaturan yang tepat dan cepat dalam pendistribusian barang. Asumsi jumlah barang yang akan didistribusikan serta urutan pendistribusian barang yang tepat dapat mengefisiensikan segala aspek yang terkait dengan distribusi barang. Untuk itu, perlu dibuat suatu sistem yang berfungsi untuk pendistribusian barang yang akan didistribusikan kepada konsumen. Dengan adanya sebuah simulasi diharapkan dapat mempermudah dalam memahami sistem pendistribusian barang secara maksima (Aplianus Sembiring, 2015, ISSN : 2301-0425).
                Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik mengangkat judul “Simulasi Pendistribusian Barang Pada PT. Panca Pilar Tangguh  Menggunakan Metode Monte Carlo”.


1.2         Rumusan Masalah

            Berdasarkan uraian diatas, maka masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah :
1.  Bagaimana model pendistribusian barang dengan menggunakan metode Monte Carlo.
2.  Bagaimana menerapkan metode Monte Carlo dalam simulasi pendistribusian barang pada PT. Panca Pilar Tangguh.
3.  Bagaimana merancang simulasi pendistribusian barang dengan menggunakan metode Monte Carlo.


1.3       Batasan Masalah

Agar penelitian ini terfokus, maka diberikan batasan masalah sebagai berikut:
1.  Variabel yang digunakan menyesuaikan dengan internal perusahaan.
2.  Pembangkit bilangan acak menggunakan LCM.
3.  Jenis barang yang didistribusikan adalah Baby Store.
4.  Area pendistribusian barang hanya untuk 1 (satu) mapping area.
5.  Data yang digunakan adalah data 6 bulan terakhir.
6.  Software yang digunakan Adobe Flash CS6

1.4  Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1     Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah :
1.  Menjelaskan model pendistribusian barang dengan menggunakan metode Monte Carlo.
2.  Menerapkan metode Monte Carlo dalam pendistribusian barang pada PT. Panca Pilar Tangguh.
3.  Merancang simulasi pendistribusian barang dengan menggunakan metode Monte Carlo.

1.4.2   Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Memberikan pengetahuan kepada perusahaan dalam pendistribusian barang.
2. Memberikan kontribusi tentang konsep-konsep pendistribusian barang.


1.5              Metode Penelitian

            Metode penelitian  yang digunakan dalam pendistribusian barang pada PT. Panca Pilar Tangguh dan selanjutnya menjadi pokok bahasan dalam skripsi adalah sebagai berikut :
1.      Studi Pustaka, mencari informasi melalui internet dan melalui buku-buku yang berhubungan metode Monte Carlo dan simulasi antrian.
2.      Analisis Sistem, menganalisa semua informasi yang terkait dengan sistem yang dibangun, mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi konseptualnya.
3.      Perancangan Sistem, melakukan perancangan aplikasi dengan menggunakan tools powerDesign untuk mempermudah dalam merancang dan mendesain sistem.
4.      Implementasi dan pengujian, tahap implementasi merupakan proses untuk pembuatan sistem aplikasi yang mengacu pada hasil desain dan perancangan sistem kemudian hasil implementasi tersebut akan diuji untuk mengetahui validitas output.
5.      Dokumentasi, membuat kesimpulan dan saran dari penelitian yang dilakukan.
6.     Pengumpulan Data
      Pada tahap ini dilakukan pengumpulan dan analisis data dengan metode Monte   Carlo untuk mengetahui model pendistribusian barang.
7.      Penulisan Laporan
Penulisan laporan merupakan tahap akhir dari penelitian


1.6              Sistematika Penulisan

            Adapun sistematika penulisan dalam penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut :
BAB I           PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang penjelasan secara singkat latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II         TINJAUAN UMUM PT. PANCA PILAR TANGGUH MEDAN
Pada bab II membahas tentang sejarah singkat berdirinya PT. Panca Pilar Tangguh Medan, Visi dan Misi, Logo dan Denah Lokasi.
BAB III       LANDASAN TEORI
Pada bab III membahas berbagai konsep dasar-dasar dan teori-teori  yang berkaitan dengan topik masalah yang diambil dan hal-hal yang berguna dalam proses analisis permasalahan.
BAB IV        ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab IV membahas mengenai uraian terhadap proses penyelesaian masalah penelitian yang dibahas. Proses analisa dan perancangan diawali dengan analisa perancangan, analisa sistem yang akan dibuat, analisa dan logika metode penyelesaian masalah, perancangan sistem serta perancangan output dan input dari sistem yang dijadikan sebagai solusi penyelesaian masalah.
BAB V         IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Pada bab V membahas pengimplementasian aplikasi yang telah dibuat ke perangkat yang akan digunakan serta melakukan pengujian terhadap aplikasi yang telah diimplemetasikan tersebut.
BAB VI        KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisikan kesimpulan yang didapat setelah penelitian ini,  beserta saran-saran untuk pengembangan dimasa yang akan datang.


Butuh File, Hubungi  085262262564
Share this article :

0 komentar:

Mengenai Saya

 
Support : Creating Website | Yhanu Lahagu | Yhanu Lahagu
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Lahagu Yhannu Lovers !!! - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Yhanu Lahagu